AWAL AKU SUKA MEMBACA BUKU



Oleh : Hanifah Zahra Putri Jovitha (Kelas 5)

       Pada suatu pagi aku berangkat ke sekolah, saat itu aku dan teman - teman ku pergi ke perpustakaan sekolah. Disana aku melihat banyak sekali buku- buku yang tertata rapi. Disana aku melihat berbagai macam buku- buku. Ada bayak sekali buku contohnya buku tentang palawan Indonesia,  olahraga, cerita dan dongen, berbagai macam tanaman obat,cara membuat origami dan masih banyak lagi. Perpustakaan di sekolah ku tempatnya di belakang kelas 3A.Dengan tempatnya ada di lingkungan sekolah maka aku tidak kejauhan untuk pergi ke perpustakaan.

       Aku ke perpustakaan saat disuruh oleh ibu guru membaca buku di sana. Setibanya  aku disana aku melepas sepatuku, saat itu suasananya tenang. Aku melihat - lihat buku di perpustakaan dan aku memilih buku- buku yang tertata rapi dirak perpustakaan. Ada bermacam macam buku, tetapi aku ingin sekai buku tentang pahlawan Indonesia. Waktu itu aku melihat  buku tentang Pahlawan Indonesia dari Maluku. Buku itu ingin sekali aku baca. Saat ingin aku ambil ternyata sudah keduluan teman ku lalu aku menunggu temanku selesai membaca. Setelah menunggu beberapa lama akhirnya aku dapat giliran untuk membaca buku tentang pahlawan Indonesia dari Maluku. 
       Buku yang aku baca mencaritakan tentang Pahlawan. Pahlawan itu bernama pahlawan Pattimura. Diceritakan Pahlawan Pattimura adalah pahlawan yang pemberani, bijaksana dan baik hati. Ia lahir pada tanggal 8 juni 1783 dan meninggal tanggal 16 desember 1817. Pahlawan pattimura meninggal pada umur 34 tahun. Pahlawan Pattimura berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Pahlawan Pattimura diangkat menjadi jendral untuk pasukan perang di Maluku. Perang yang di ikuti oleh pahlawan Pattimura dinamakan sebagai perang pattimura. Perang ini dilakukan di laut dan juga di darat. Pahlawan Pattimura dibantu oleh beberapa jendral- jendral yang lain. Perlawanan perang pahlawan Patimura melawan Belanda sangat sengit. Sehingga para prajurit – prajurit Belanda takut terhadap prajurit – prajurit pahlawan Pattimura. Lalu prajurit Belanda mempunyai ide untuk menangkap pahlawan Pattimura berserta jendral jendrai lainya. Setelah itu pahlawan Pattimura berserta jendral – jendral yang lain ditangkap dan di hukum oleh belanda dengan hukuman tiang gamtung pada tanggal  16 desember 1817. Karena pengorbanannya terhadap bangsa Indonesia, maka presiden Indonesia menjadikan pahlawan Pattimura sebagai salah satu pahlawan yang berkorban demi Indonesia dan ke pahlawananya akan dikenal oleh semua atau seluruh rakyat Indonesia.
       Sejak membaca buku cerita pahlawan dari Maluku aku jadi suka banget baca buku, karena dengan membaca buku kita bisa  mengetahui hal – hal yang belum pernah kita ketahui. Contohnya buku yang aku baca tentang pahlawan Pattimura, aku jadi tahu tentang jasa – jasa pahlawan  yang telah berkorban demi bangsa dan Negara. Sehingga berguna untuk anak cucu atau masa depan negara. Bukan hanya itu kita juga harus mencontoh prilaku – prilaku yang baik pada cerita  PAHLAWAN  INDONESIA  DARI  MALUKU.
       Dengan banyak membaca buku, kita semua juga bisa mengetahui apa yang belum pernah kita ketahui. Dan dengan membaca buku kita juga mendapat pelajaran yang sangat berharga dan bermanfaat. Maka dari itu kita harus banyak membaca buku, karena dengan membaca buku adalah jembatan kita untuk meraih ilmu, dan dengan membaca buku kita dapat membuka jendela dunia. Dengan banyak membaca buku kita dapat mempumyai atau memiliki pengetahuan yang sangat luas. Mari kita sering membaca buku. Buku apapun yang kita suka boleh kita baca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar